Pencurian pulsa

What the hell is this 97100?!

Gw baru nyadar, emang bego sih baru nyadar sekarang, ternyata gw selama ini dirampok ama SMS bernomor 97100. Padahal ngajuin berlangganan SMS itu aja ngga pernah eh tetiba "dilanggankan" tanpa sepengetahuan gw. Kesel! Satu SMS dari 97100 itu menyedot pulsa gw sebanyak dua ribu rupiah lebih dan itu SMS datang tak pernah diundang tiap hari dan sehari bisa tiga kali kayak aturan minum puyer pahit racikan apoteker klinik.

Gimana akhirnya gw bisa tahu itu pulsa gw raib?

Kisah cerita berawal dari saat kemaren sore gw mau melaksanakan kewajiban terhadap negara, yaitu bayar pajak melalui transfer bank online. Pas gw mau transfer, gw ngga nerima-nerima nomor kode transaksi melalui SMS yang selalu dikirim dari bank gw itu. Nomor kode transaksi akan keterima selama gw punya pulsa. Pas gw cek nomor Xavier Lamunawu gw lewat *123# terteralah pulsa gw cuma 200 perak doang. Hah! Gw yakin banget baru ngisi 15 ribu rupiah dua hari lalu kok.

Okelah karena butuh bertransaksi online, gw terpaksa jalan ke mini-mart panas-panas terik di jalan Jakarta yang penuh polusi dan pengendara motor serta mobil yang marah-marah ama pejalan kaki yang sedang menyebrang di zebra cross karena ngalangin jalan mereka. 

Pas gw nyampe ke toko kelontong kapitalis yang disinyalir ngematiin warung-warung kecil di banyak daerah pemukiman penduduk, sejuklah gw rasakan karena pendingin ruangan yang dipasang mini-mart itu. Gw beli pulsa lima belas ribu beserta tambahan biaya pembelian dua ribu di si mini-mart

Setelah pulsa terisi batas aman, barulah gw bisa nerima SMS kode transaksi dari bank gw dan gw penuhilah rasa kecintaan gw pada negara dengan membayar pajak, walo kadang sering saking hati itu uang pajak dinikmatin ama oknum-onum yang "ngga banget." 

Nerima SMS kode transaksi dari bank gw tuh ngga bayar jadi uang 15.200 rupiah gw keesokan harinya ngga mungkin berubah nilai dong. Kenyataannya pulsa gw udah ilang empat ribu aja. Gw kira iklan doang tuh yang SMS ngga jelas itu, eh ternyata itu semua SMS vampire! Nyedot darah, eh salah, nyedot pulsa!

Untung masih ada aja blogger atau kaskuser yang sudi berbagi tips dan solusi dibanding customer service operator telepon gw yang ngga ngangkat-ngangkat telepon walo gw tungguin ampe 15 menitan. 

Kata si kaskuser baik hati ini, untuk ngecek "list of vampire SMS" dari nomor XL adalah dengan menekan *123*66# yang nampilin konten apa aja yang ternyata dipaksa-langganan-kan ke gw. Bener aja, tetiba ada konten berlangganan yang ngga diundang ini. 

Untungnya di fitur *123*66# ini, gw juga bisa berhenti berlangganan sekaligus. Dari pada pusing, gw ikutin dah tuh langkah-langkah dari si pesan otomatis untuk ngapus semua konten berlangganan yang nggak pernah gw perluin. 

Mudah-mudahan kedepan gw ngga tetiba dipaksa-langganan-kan konten-konten penyedot pulsa tanpa sepengetahuan dan tanpa persetujuan gw. Kalaupun gw protes, pasti alesan customer service operator tetep nyalahin pengguna, klasik banget lah. Itu pun kalau si customer service operator angkat telepon kita. Tadi aja cuma automasi atau answering machine doang ngga nyambung-nyambung, cuma buang tenaga ama pulsa juga. Huft!   

Comments

Popular Posts