Inikah tutorial online?

Di kampus gw saat ini, gw baru nyoba ngikut kelas virtual semester lalu, namanya tutorial online (tuton). Selama delapan kali inisiasi, gw kewalahan ngikutin kelas virtual Universitas Terbuka karena gw nggak bisa ngimbangin kemalasan gw dengan permintaan berpartisipasi dalam "Diskusi" tiap minggunya ditambahkan mengunggah "Tugas" tiga kali berturut-berturut dari minggu ketiga hingga minggu kelima soalnya "Diskusi" dan "Tugas" dinilai oleh dosen tutonnya, cinta. Tentunya ngaruh gitu ke nilai akhir.

Seperti biasa, pas awal-awal gw semangat aktif di forum diskusi mahasiswa dan ngejawab sebagus mungkin (sebetul mungkin deng) pertanyaan yang diunggah dosen 😎 😎

Kecuali matematika ekonomi. Kenapa?

Karena gw sama sekali nggak ngerti. Ngitung-ngitung tuh definitely my krypton. Titik. Tapi ngapa gw kekeh ngambil akuntansi ya? Yah itulah misteri hidup gw yang nggak pernah bisa gw selesein. Sama kayak nyelesein kuliah tingkat sarjana gw ini, nggak kelar-kelar cuy 😭 😭

Udah lah nggak usah diperpanjang tuh masalah matematika ekonomi. Balik ke topik tuton.

Sampe tuton minggu ketiga, gw lancar tuh posting jawaban di forum diskusi dan upload tugas tepat waktu. Tiap hari gw selesein tugas tiap matkul.

Sampe tuton minggu keempat, bubar! Gw liburan ke Belanda dua minggu trus gw mikir, "nggak banget dah pas liburan gw harus belajar" 😒 😒

Keterusan aja gitu cinta malesnya.

Dosen tuton gw semester ini ada yang ajaib juga, nyuruh buat tugas pake tulis tangan di kertas double folio. Demi apa coba gw harus bersumpah? Nyari kertas double folio aja sekarang susah, nulis tangan pula. Ngapa tulis tangan sekarang jamannya e-note, e-book bahkan e-payment. Mutusin selingkuhan aja pake WhatsApp. Takjub lah gw saat harus nyelesein tugas kuliah pake tulis tangan, hand written in these days? ðŸ˜” 😔

Anyway busway, ide dosennya tuk menghindari plagiarisme dan copy paste sih emang ampuh banget. Mungkin si dosen dah putus asa ngingetin mahasiswa di kampus gw jangan copy paste mentah-mentah. Gw harus akuin kalau frekuensi copy paste di forum diskusi mahasiswa beneran horor banget. Sama sekali nggak ada saringan bahan, apalagi argumen mahasiswa sendiri. Sedikit banget mahasiswa yang nggak copy paste, ada kali cuma sekitaran 30 persenan yang beneran akademik dan logis postingannya.

Sejujurnya sih ini yang bikin gw kesel karena, merasa termasuk yang tiga puluh persenan itu, gw usaha banget tuk baca, pilah dan menyimpulkan bahan yang gw dapet dari internet bahkan gw taro sumbernya walau sumbernya kebanyakan dengan nama-nama super duper alay yang bikin gw malu sendiri nyantuminnya. Ini nggak bener juga sih karena bahan dari blog emang bukan sumber sah akademik. Aduh, ntar manjang lagi dah bahasannya. Gw posting terpisah aja dah kapan-kapan.

Nah, semester ini kali kedua gw ikut kelas tuton. Jujur kewalahan banget ngikutin kelas tuton semester lalu (sekarang juga sih ha ha ha) karena sering blank ngga ngerti bahan dan kurang gigih baca modul yang berlembar-lembar itu.

Sejak senin lalu website e-learning UT semester ini error, entah apakah server down, tulisan di lamannya sih "Mohon maaf sedang dalam pengecekan."

Pas akhirnya bisa ngakses tu situs, hati senang bukan kepalang. No, wait! I was actually a bit pissed of. Gimana nggak kesel. Mata kuliah (matkul) yang gw ambil semester ini ada 5. Iya LIMA yang artinya gw cuma punya tiga malam doang tuk ngebut jawab lima diskusi di Sesi 1 minggu pertama itu. Halaman situs e-learning Universitas Terbuka baru bisa gw akses pas kamis sore.

Kamis sore baru sempet nyatet pertanyaan diskusi sesi 1 dari tiap matkul yang gw ikutin, belum sempet jawab. Masih males buka-buka bahan atau ngakses ruang baca virtual (RBV) I wasn't in the mood he he he

Lagi pula emang dasar umur dah tua dan keenceran otak membeku dengan pasti, gw bingung mu jawab apa dan gimana itu pertanyaan diskusi yang diposting dosen ha ha ha *ketawa gw, bukan mikir*

Jadi gw putuskan tuk mulai keesokan hari aja. Seperti biasa (always put off everything next time), Jumat pagi ini gw set alarm buat bangun jam 3 pagi (rencananya biar punya waktu belajar) eh bangun tetep dong ampir setengah enam padahal malamnya gw dah rebahan di tempat tidur mulai dari jam 7 malam. Gw ngga sadar sih kapan beneran tidur karena selama rebahan tetiba gw keasyikan baca manga online, entah selesai ampe jam berapa.

Akhirnya, mulai browsing internet ngarep dapetin inspirasi jawaban diskusi (saat itu buat matkul Manajemen Operasional) pas di Commuter Line ke arah Sudirman.

Lagi pula gw ngga nemu aja jawabannya di modul UT dari Bahan Ajar Digital. Bahan tambahan belajar yang diunggah dosen juga ngga guna buat jawab pertanyaan diskusi 😭 😭

Tapi tetep ya menurut gw semua jawaban Ujian Akhir Semester (UAS) hanya ada di modul. Ya silahkan cari tuh jawaban 60 butir soal di lebih dari satu rim halaman tiap modul ha ha ha bisa depresi akut sih emang kalo otak ngga bisa nyimpen data secanggih memory card.

Anyway, kejadian horor yang gw alamin tiap semester ya gini, pas diskusi gw ngga tau (jangankan ngerti) mesti jawab apaan, apalagi pas disuruh ngerjain tugas wajib tiga kali berturut-turut. Gila banget ngga punya cukup waktu tuk nemu jawaban diskusi let alone work on those given assignments! Belum lagi websitenya lemot siput banget bikin depresi kesel. Terus udah gitu ya ngga sempet ngapalin rentetan kata yang dicetak di modul, alhasil cuma mati kutu aja lah pas ngadepin hari UAS ntar.

Emang sih jawaban diskusi mingguan kayaknya banyak nemu di internet tapi males bgt ama mahasiswa-mahasiswa yang cuma copy paste mentah-mentah. Kalo gw sih gw rangkum dulu tulis ulang, ngga pernah copy paste. Pokoknya bahasanya di modif lah ama ngasih kesimpulan sendiri

Yang juga bikin gw depresi pas ngikutin tuton adalah pas (kadang-kadang), entah karena system error atau emang dosennya perlu selalu diingetin, diskusi mahasiswa yang gw unggah nggak kenilai. Jadi, emang perlu waktu dan perhatian ekstra serta kesabaran selama tuton berlangsung supaya semua nilai diskusi mingguan dan tugas yang udah gw kerjain muncul di kolom "Nilai" di beranda tuton gw.

Belum lagi gw mati gila pas "bad gateway" pas mau ngumpulin tugas yang gw harus tulis tangan di berlembar-lembar double folio bergaris atau situs nggak bisa diakses lah, tutor belum ngupdate bahan lah pas weekend padahal menurut gw akhir pekan tuh hari yang bisa napas banget kalo ngerjain tugas atau nyari jawaban diskusi.

Ngga ada bad gateway tapi website-nya siput banget.

Capek banget ngga sih kalo gw paksa badan ama otak gw selama hari kerja tuk "disiksa" fisik dan psikis pas naik angkutan umum mengarungi kemacetan nggak kunjung berakhir di kota metropolitan, ngadepin mahluk-mahluk Jakarta yang culas dan bermulut jahat di biro, ngebenerin kesalahan departemen lain yang selalu nggak bener kerjanya, pas pulang perlu nyiapin bahan buat masak makan malam belum lagi cuci baju ama peralatan dapur abis masak, and the most important thing is to spare my time to watch anime, read manga and follow up Korean drama series. How can I have enough strength and time, huh?

Pokoknya gw ngga punya kapasitas tuk ngolah materi pelajaran pas hari kerja. Yang ada gw cuma bengong ngadepin kata-kata tanpa bisa ngerjain apa-apa bahkan insomnia tapi ngga produktif alias cuma melek di tempat tidur, can't sleep but can't make use of my brain either. You know it's like a never ending loading but with no progress due to overload.

Trus kenapa gw malah curhat di blog bukannya ngerjain diskusi-diskusi mingguan ama tugas-tugas yang belum selesai? ðŸ˜… 😅

Comments

Popular Posts