Stay cool walo salah lokasi ujian

"Houston, we have a problem."

Bahkan sistem kebut semalem nggak bisa nyelamatin gw! Jam 7 pagi udah mulai jam pertama ujian akhir semester (UAS) tapi beberapa bahan yang udah gw pernah baca, lupa, ilang aja gitu dari ingetan gw. Ngeselin nggak sih?!


Selama satu semester ini gw bahkan nggak ngerti semua modul mata kuliah (matkul), sulit inget pas ngapalin trus cepet lupa yang udah diapal. Pas UAS, good bye deh dapetin nilai B, jangankan nilai A. Udah sakit perut aja lah mikirin dapet nilai C  atau nilai D, bahkan E!


Mustahil bisa jawab, keserang amnesia akut pas liat soal ujian gitu coba. Lulus mata kuliahnya aja juga belum tentu.


Padahal nih ya gw udah nurunin target seekstrim mungkin dari "pingin lulus cum laude" jadi "yang penting lulus." Karena setelah gw lewatin satu semester ini dan ngadepin UAS, gw mulai menghujat kebodohan diri sendiri.


Tunggu dulu! Ralat, bukan "kebodohan" melainkan "kemalasan" dan "kepasrahan" gw nyerah berusaha supaya mata kuliah yang diambil bisa gw pahami. Kan kalo dah paham, gampang dong ngejawab pertanyaan ujian. Seharusnya sih gitu menurut gw.


Kalaupun gw nggak paham-paham amat ama tu matkul, apal cangkem bisa banget ngejawab soal. Lah apal aja gw nggak, apalagi paham, mati kutu aja lah gw selama ujian dua kali minggu ini.


Udah buyar semua apalan yang pernah nempel (walo dikit), nggak nyempetin buka-buka bahan digital UT lagi dua harian ini dan pas hari ujian, gw bangun kesiangan.


Padahal ya semalem gw udah set alarm jam 4 pagi tapi pas hari H, kok ya nggak bunyi-bunyi itu alarm di smartphone. Pas melek-melek ayam karena nggak sengaja kebangun, gw tetep males-malesan aja di tempat tidur, males bangun, ngerasa alarm belum bunyi karena emang belum waktunya. Pas iseng ngeliat jam di smartphone ternyata udah jam setengah enam aja!


Gelap hanya sementara, sinar matahari pagi udah gencar nyusup ke ruang tengah melalui jendela yang gw lapisin vitrage putih itu. Perlahan-lahan ruangan yang tadinya gelap berubah merona oranye. Cepet banget itu matahari naik. Tapi tetep aja gw rebahan males di tempat tidur walo gw tau kalo gw kesiangan.


Gw nggak ngerti kenapa tumben gw nggak panik padahal jelas-jelas gw bangun telat. Segitunya kah gw pasrah ama ujian Matematika Ekonomi ini? Kayaknya bodo amat banget gw ama tu matkul.


Bangun tidur gw keep cool. Seduh kopi instan dan makan sebiji apel sisa kemaren terus mandi. Gw siapin alat tulis dan kartu ujian while I put my clothes on. Kemudian pesan motorcycle taxi tuk nganterin gw dari Kemayoran ke Universitas Terbuka (UT) yang deket Utan Kayu itu. Saat itu, pas gw mau brangkat dari depan minimart, udah hampir jam 7 pagi. "Ikutin jalur busway sampe Stasiun Jatinegara dulu. Baru ke arah Bea Cukai," kata gw setelah ngaku nggak tau jalan dan cuma dapet info dari internet.


Naik motorcycle taxi sih bisa aja cuman drivernya manyun gitu pas nyampe di UT karena menurut dia jauh padahal ongkosnya yang gw bayar lumayan mahal, ya masih setara lah dengan jarak yang ditempuh.


Itu pun untungnya Minggu pagi, Jakarta masih kosong jadi nggak macet sama sekali dan nyampe di UT sekitar dua puluh menitan kemudian. Coba kalo macet, nambah jengkel aja kali tu ya si driver.


Kadang gw mikir, apa emang kebanyakan orang Jakarta yang kelas bawah justru lebih betingkah, maunya kerja gampang, ngeluh kalo susah dikit, tapi duit nya maunya banyak. Etos kerjanya nggak banget emang nih kebanyakan orang Jakarta khususnya orang kelas bawah, kelas menengah ato atas sama aja sih kadang-kadang. Termasuk gw juga nih jangan-jangan (lip service sih ya ngaku dikit lah biar nggak dihujat blagu).


"Makasih ya pak," kata gw sambil ngembaliin helm. Gw bergegas nyamperin petugas UT di lobi bawah dan nanya di ruang mana gw ujian. Pas petugas UT-nya ngeliat Kartu Ujian Mahasiswa gw, ternyata gw salah lokasi saudara-saudara 😭😭😭


"Di SMAN 21 nih tempatnya. Di Jalan Tanah Mas Raya. Masih ada 15 menit lagi (sampai batas boleh ikut ujian)." Anehnya gw cuman bisa nyengir ke petugasnya dan masih tetep tenang walau gw udah telat 30 menit dari mulai ujian dan masih juga belum nyampe di tempat ujian. Parah emang gw. Udah tau gw paling bego ama lokasi tapi gw waktu itu males banget survei tempat ujian seminggu sebelumnya, nggak banget lah harus ngorbanin seharian buat nyari lokasi tempat ujian sebelumnya.


Untungnya ada driver motorcycle taxi yang mau langsung ngambil booking-an gw dari UT ke SMAN 21. Masih jarak deket sih soalnya cuman 10 ribu rupiah, perjalanan kira-kira 10 menitan kurang, tapi ya nggak mungkin jalan kaki karena bisa makan waktu setengah jam.


Sampe di lokasi udah sunyi senyap tu sekolahan. Ya iya lah cinta, kan sedang berlangsung ujian akhir *tepok jidat*


Muter-muterin tu sekolahan, naik turun tangga belum juga nemu ruang ujian. Emang geblek nih gw. Sampai akhirnya nemu ruang ujian yang pastinya tertutup rapat.


Ketok pintu dan masuk, "Maaf bu saya terlambat. Apakah masih diperbolehkan ikut ujian?" Sambil senyum bego dipaduin muka tampang nggak bersalah. Untungnya masih dibolehin ikut ujian. Bersyukur he he he


Tumben nih gw nggak panik tadi. Apa karena semakin tua umur, semakin bijak menyikapi permasalahan? *kibas rambut* Kayaknya tadi gw mikir, ya udah lah kalo nggak dibolehin ujian. Ikut nggak ikut ujian, hasilnya nggak beda. Nilai nggak bisa diselametin 😁😁😁


Setelah kira-kira 2 x 90 menit gw ujian dua mata kuliah pagi itu, gw putuskan tuk balik rumah. Balik cepet-cepet karena gw dah pingin nonton anime ama drama Korea, J-dorama juga lah.


Pas keluar dari sekolahan, gw jalan kaki  dari SMAN 21 sambil liat-liat petunjuk arah seadanya yang bisa gw temuin sepanjang jalan. Kebetulan nggak terlalu jauh dari kejauhan gw lihat depan ada jalan besar. Menurut gw, jalan besar tuh biasanya ada halte Trans Jakarta (TJ) atau busway. Penalaran yang kurang logis sih tapi lumayan reliable.


Setelah jalan lurus ke depan beberapa menit. Nggak nemu halte busway sih gw tapi nggak sengaja gw nemu stasiun LRT Equestrian. Senangnya bukan main kayak anak balita dikasih boneka plush toy. Gw cobalah naik LRT itu walau nggak tau mau kemana 😆😆😆


Nyamperin loket di lantai 2 and manually registered myself by showing my national ID card. Gratis karena masih tahap pengenalan ke khalayak umum.


"Ke Velodrome ya trus transit naik busway koridor 4," kata petugasnya setelah gw minta tolong diturunin di stasiun pemberhentian paling deket ke JIEXPO Kemayoran.


Kenyataannya sih LRT bukan transportasi umum yang tepat gw gunakan untuk mencapai Kemayoran tapi kan gw dah pernah nyoba LRT 😜😜😜


Gw turun di stasiun Velodrome tapi karena sok tau gw turun dari stasiun, jalan terus nyebrang jalan dan nunggu busway di halte Pemuda Rawamangun yang super duper lama datengnya itu busway.


Setelah nunggu hampir setengah jam lebih, itu halte yang tadinya kosong ampe jadi penuh banyak calon penumpang, udah gitu busway yang gw taekin ini ternyata nggak nyampe halte Dukuh Atas. Nyebelin nggak sih?! Mana halte tempat gw diturunin juga sesak dengan manusia Jakarta.


Untungnya cepet dateng tuh busway yang akhirnya beneran ke Dukuh Atas, nggak cuman ngasih harapan palsu kayak busway sebelumnya.


Gw ngikut sampe halte Dukuh Atas padahal mestinya harus transit di halte Matraman. Abis pas liat keluar jendela, ngeliat manusia bejibun gitu ngebuat gw sakit kepala.


Pas di Dukuh Atas, haltenya penuh orang juga 😭😭😭 mau di Dukuh Atas 1 ato di Dukuh Atas 2, berdesak-desakan gw lanjutin naik busway arah Kota tuk transit di halte Harmoni.


It's so bloody crazy! Di halte Harmoni udah kepenuhan penumpang yang nunggu di koridor arah Ancol. Pas akhirnya tuh busway nyampe di halte Harmoni, semuanya jadi berebut masuk. Sialnya pas nunggu di pintu koridor, dua cowok jadi adu mulut emosi karena rebutan masuk, mana dua-duanya teriak-teriak galak pas banget di kuping gw *pening*


Kacau emang tuh yang ngelola kedatangan bis tujuan Ancol atau PRJ di halte busway yang ngebiarin penumpang arah Ancol numpuk di Harmoni ampe bisnya kelebihan kapasitas.


Anyway cinta.


Naik transportasi umum dari Jakarta Timur ke Jakarta Utara beneran bikin frustasi. Baru sampai Kemayoran jam setengah dua siang padahal gw keluar dari tempat ujian jam 10an pagi. Gw pastinya bilang "WOW AMAZING!"



Ke SMAN 21

Gw kan dari Kemayoran, setelah trial and error dadakan pas pulang tadi, kayaknya rute terbaik dari tempat gw kalo naik Trans Jakarta  (busway) adalah ini:


  • Mulai di halte Trans Jakarta (busway) Jembatan Merah naik Ancol - Kampung Melayu (koridor 5) atau Ancol - PGC 1 (koridor 5D)
  • Transit di halte Matraman 1, pindah jalur ke Matraman 2 naik Dukuh Atas 2 - Pulogadung 2 (koridor 4) atau Grogol 2 - TU Gas (koridor 4A) atau Bundaran Senayan - TU Gas (koridor 4C) turun di halte Pemuda Rawamangun
  • Dari halte Trans Jakarta (busway) Pemuda Rawamangun, ke atas naik LRT turun di halte LRT Equestrian
Nah kalo tempat ujian akhir UT lo di SMAN 21 yang alamatnya di Jalan Tanah Mas Raya, Pulogadung, terus lo milih pakai Trans Jakarta (busway) yang cuma 3500 rupiah, patokannya:
  • Turun di halte Trans Jakarta (busway) Pemuda Rawamangun 
  • Transit naik LRT dari stasiun Velodrome turun di stasiun Equestrian
  • Dari stasiun Equestrian, jalan kaki ikuti Jalan Tanah Mas Raya. 
Catatan:
  • Trans Jakarta dikenal umum dengan nama busway
  • Rute dilewati di bulan Juni 2019

Comments

Popular Posts