Rangkum tuh modul. Titik!

"At your own risk"

Universitas Terbuka (UT) ngasih gw kebebasan maksimal dan kendali penuh atas kelulusan diri gw sendiri untuk dapetin gelar sarjana Akuntansi. Bahkan nilai indeks prestasi (IP) semesteran gw bener-bener "what I give is what I get," alias nilai murni hasil usaha ngertiin, atau kalo nggak ngapalin, modul. Nggak belajar terus nggak ngerti pula, ya nggak bisa jawab pertanyaan ujian akhir lah. Nggak ada tuh cerita gw dapet nilai bagus karena keajaiban atau kebaikan hati dosen, sepengalaman gw. 

Ngeselin emang karena kalo gw nembak jawaban multiple choices, pasti nggak pernah bener karena keberuntungan. Gw bisa jawab bener kalo gw emang tau jawaban benernya. Harus gw akuin, gw ngiri banget ama orang yang bisa nebak betul ngejawab soal-soal pilihan berganda karena "emang lagi beruntung aja."

Dua kali gw ikut ujian akhir semester (UAS) dan seringkali gw cuma bisa mentok dapetin nilai dengan batas aman, yaitu nilai C. Bahkan pernah sekali dapet nilai D. Ya gimana nggak dapet nilai jelek, belajar aja nggak kan? Ya gw nggak mungkin nyalah-nyalahin kampus gw dong. Gini-gini juga gw masih fair lah.

Pernah gw dapet nilai A buat mata kuliah (matkul) Bahasa Inggris Niaga karena gw selama kira-kira empat bulanan gw beneran ngapalin banyak terminologi finansial dari modul, belum lagi emang gw ngerti English. Gw bahkan iseng-iseng ngejawab semua latihan yang dikasih diakhir setiap kegiatan belajar (KB) di modul yang setebel batu bata merah utuh itu, cinta. 

Nah, kalo gw nggak ngerti-ngerti banget bahasan modul tapi usaha ngapalin gw agak giat, gw biasanya dapet nilai B.

Right, now let's get to the core!

Gw lagi mikir-mikir sambil ngukur "tingkat kemalasan" dan "tingkat kebosanan" belajar gw selama semester kemaren. Rencananya, itu mau gw pake buat nyusun "guidance" buat dapetin minimal nilai B sambil liat-liat kalender akademik semester ini. Keliatannya sih ya, inti dari semuanya hanyalah ini: In strong will, I trust!

Mulai dari UAS minggu terakhir semester lalu sampai ketemu UAS semester berjalan, tanpa jeda, gw punya sekitar 22 minggu yang idealnya harus gw alokasikan ke 15 sks (sistem kredit semester) yang gw ambil.

Satu sks itu ada tiga modul dan satu modul itu ada tiga kegiatan belajar. Make otak gw dikit buat ngitung, dari 5 matkul yang gw ambil akan ada 135 kegiatan belajar. Kebanyakan mahasiswa UT juga tau pengetahuan dasar ini ya nggak sih? Gw aja yang telat nyadarnya.

The problem is, karena gw nggak mau beli bahan cetak akhirnya solely rely on e-book tapi kan akses ke bahan ajar digital baru bisa kebuka seminggu setelah "penutupan masa pembayaran SPP," yaitu 10 minggu setelahnya. Berarti kan gw cuma punya sisa 12 minggu ngebut ngerangkum 135 kegiatan belajar. Bisa gila gw!

Ngebagi 135 kegiatan belajar selama 22 minggu berarti seminggu bisa nyelesein 6 kegiatan belajar atau setara 2 modul. Asal gw nggak keserang "kemalasan akut" aja. Kenyataannya, ini emang susah sih buat orang semales gw. 

Lagi pula ya, punya dua puluh dua minggu itu kalo gw sejak minggu pertama udah punya bahan buat dirangkum. Tapi gw nggak mau beli buku cetak, alesannya satu buku aja beratnya dua kiloan, tangan gw bisa pegel bawa berat-berat. Jadilah karena gw nggak beli buku cetak, gw nggak ada bahan untuk ngerangkum. 

Oke lah gw udah dapet modul 1 dari tiap matkul yang gw ambil. Selama 10 minggu gw ngerangkum 5 modul atau setara 15 kegiatan belajar. Padahal lima belas kegiatan belajar kan seharusnya bisa gw selesein dalam jangka waktu cuma dua setengah minggu.

Nah, kalo ngebagi sisa 120 kegiatan belajar selama 12 minggu, artinya pas udah dikasih akses bahan digital, seminggu harus selesai 10 kegiatan belajar. Ini nih dalam sehari gw harus bisa ngerangkum dua kegiatan belajar. It's almost like asking the sun not to shine alias nggak mungkin banget gw lakuin secara gw pemalas akut.

Mengapa begitu? Kenyataanya, selama sejam gw cuma kuat ngerangkum selembar kegiatan belajar, padahal satu kegiatan belajar itu ada 30 halaman aja cinta. Emang gw si siput yang super duper lelet. Belum lagi kalo udah sejam belajar, gw jadi bosen trus susah balik semangat belajar lagi di hari yang sama. Sedih banget emang.

Ralat! Ngaku deh kalo gw dodging muluk kayak bajaj. Bener emang, bahan ajar digital lewat aplikasi baru bisa diakses beberapa minggu kemudian. Tapi kan ada ruang baca virtual atau RBV di laman perpustakaan digital (www.pustaka.ut.ac.id) yang ngasih mahasiswa aktif akses gratis ke seluruh modul bahan ajar selama account "UT-Online"-nya aktif (akun yang sama buat ngakses tuton di http://elearning.ut.ac.id). Just click  "BMP FULL TEXT" below the text book cover on the website page. Baru tau juga sih gw tentang ini pas nggak sengaja browsing blog-blog yang ditulis alumni UT.

As a gentle self-reminder, padahal ya setelah ikut tutorial online (tuton) semester lalu, ngerangkum modul tuh nggak hanya ngebantu gw ngerti dikit, sejujurnya pening banget ngeliat banyak tumpukan kata-kata, tapi juga ngemudahin gw ngikutin diskusi mingguan selama tuton berjalan. Apalagi di tuton ada tambahan wajib ngumpulin tugas tiga kali. Aduh, capek banget deh otak gw.

Tapi ya sama kayak gw ngejanjiin diri gw sendiri untuk mulai diet ngurusin badan, pasti deh gw selalu ngomong, "ntar aja lah," atau "besok aja deh," sama "masih ada besok." Terus aja gitu ampe sehari sebelum UAS pun gw nggak mulai-mulai baca modul, apalagi ngerangkum *face palm*

Pengalaman gw, idealnya rangkuman bahasan dua modul sebaiknya udah ada sebelum tuton mingguan dimulai. Jadi, agak gampang nemu jawaban lah kalo dikasih pertanyaan ama dosen. 

Blog mahasiswa UT yang pernah gw baca ngusulin ikut kelompok belajar (pokjar) dan ngebagi tugas ngerangkum modul-modul bahan ajar. Ini terlalu utopis menurut gw. Kenapa? Kalo semua mahasiswa yang ngerangkumnya tipe orang perfeksionis dan mendetail (kayak gw)sih fine-fine aja. Setidaknya bertanggung jawab lah.  

Masalahnya, lebih banyak mahasiswa yang ngasal kalo dikasih tugas udah gitu alesannya bejibun lagi, contoh klasiknya "nggak ada waktu nih," atau "capek," atau yang lebih ajaib lagi, "pacar gw pingin ditemein terus." Lah emang lau nggak bisa ngerangkum sambil kelonan ama pacar apa? Alesan banget.

Alesan gw gedek ama alasan-alasan gini karena kebanyakan mahasiswa UT kan sama-sama kerja, nggak beda jauh juga keadaannya, sama kok sibuk kerja, sama kok pada ngurusin keluarga atau pacar, walau ada juga sih baru banget lulus sekolah menengah atas. Mahasiswa yang betingkah kayak gitu tuh nunjukkin kalo dia "oknum nggak bertanggung jawab" banget. Ngeselin deh.

Kalo lo adalah mahasiswa UT yang juga kerja keras ngedulang berlian di lumpur Jakarta buat bayar cicilan kartu kredit yang bunganya selangit, yang ngos-ngosan banget ngimbangin gila kerja bosnya yang insomnia, yang capek banget menuhin tuntutan mertua, tapi lo tetep ngehargain dengan baik anggota kelompok belajar lo dengan ngerangkum dengan baik, mendetail dan memudahkan pemahaman mahasiswa lainnya, lo tuh beneran "cool banget," highly respect lo dah gw. Angkat topi.

Nah sekelompok ama temen-temen kayak gini nih gw baru mau dan percaya kita bisa cepat ngabisin ngerangkum modul bahan ajar. Gw pastinya semangat ngerangkum sejelas mungkin, fair dong.

Ya ampun diri gw, mau bilang "nggak usah alesan deh nggak bisa ngerangkum" ke diri gw sendiri aja muter-muter kayak uler tangga. Bikin pusing kepala baca ginian.

Singkatnya sih gini doang. This is for me baby:

  • Ngakses bahan ajar digital di www.pustaka.ut.ac.id
  • Selesein rangkuman 6 kegiatan belajar dalam 1 minggu
  • Ngambil 5 matkul biar gampang ngasih sehari buat satu matkul
  • Gunain Sabtu dan Minggu buat ngulang dan nambel rangkuman modul yang nggak bisa gw selesein di hari Senin sampai Jumat itu 
  • Usahain ngebaca modul dalam commuter line dan busway termasuk di halte masing-masing pas nunggu kereta atau bis dateng. Commuting in Jakarta is 2 x 80 minutes, normally! Insane, right?! Waktu yang bisa gw pake buat baca mayan banyak nih. Nggak janji juga sih gw ngerti. Selalu blank pas baca modul, terus lupa aja apa yang pernah gw baca
  • Harus maksa diri gw sendiri, bikin nangis-nangis darah nih emang, karena ngerencanain doang itu gampang tapi ngelaksanainnya itu cerita lain

Comments

Popular Posts